jump to navigation

VBA EXCEL TUTORIAL SERIES : PROPERTIES CONTROL YANG SERING SAYA MAINKAN September 20, 2016

Posted by norkuys in : Excel , add a comment

VBA microsoft visual basic for application excel

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sodara2 sekaliyan para pembatja jang boediman …. bekerja dengan VBA tentu harus akrab dengan yang namanya Control a.k.a Kontrol …. apalah arti sebuah UserForm tanpa adanya Kontrol ??? 🙂 …. seperti sebuah kertas kosong tanpa tulisan atau gambar …. kontrol bisa sOdara tambahkan ke dalam UserForm melalui ToolBox yang disediYakan Visual Basic …. masing2 kontrol mempunyai karakteristik tersendiri … meskipun beberapa ada yang mirip dan bisa dijadikan substitusi … ToolBox (kotak warna idjo) bisa sOdara tampilkan pada jendela VB Editor dengan cara pilih UserForm yang akan ditambahkan kontrol …. klik menu View >> ToolBox (kotak warna merah) atau klik icon ToolBox (kotak warna biru)

userform_control_toolbox_vb

(more…)

TEXT – MY FAVE EXCEL FUNCTION August 25, 2016

Posted by norkuys in : Excel , add a comment

rumus excel cari data unik

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sodara2 sekaliYan para pembatja jang boediman …. MY FAVE EXCEL FUNCTION kali ini publish dengan tema Fungsi TEXT … sesuai namanya fungsi ini masuk dalam Kategori Fungsi Text bersama fungsi-fungsi Excel lainnya seperti : CHAR, CODE, CONCATENATE, EXACT, LEFT, MID, RIGHT , LEN, LOWER, UPPER, FIND, TRIM dan laEn-laEn …. lalu apa sih manpaat dari TEXT Function ini dalam membuat suatu Formula / Rumus Microsoft Excel ????

Fungsi TEXT digunakan untuk mengubah dari suatu nilai yang berupa angka menjadi teks dengan format yang kita bisa tentukan

Contoh yang mungkin sering dijumpai adalah saat kita ingin menggabungkan tempat dan tanggal lahir…. misal kita punya data Tempat Lahir di A1 yang berisi “Djakarta” dan Tanggal Lahir di B1 yang berisi 01/02/2003 …. jika kita ingin menggabungkannya pada cel C1 kita bisa gunakan Fungsi TEXT ini …. Untuk menggunakan Fungsi TEXT tentunya harus sesuai dengan atoeran pakai yang sudah dibikin Microsoft atau biasa diistilahkan Syntax …. adapun Syntax Fungsi TEXT adalah sebagai berikut (more…)

EXCEL DASHBOARD : TUTORIAL BIKIN GRAFIK SPEEDOMETER (1) July 25, 2016

Posted by norkuys in : Excel , 7comments

01_Dashboard

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sodara2 sekaliYan para pembatja jang boediman … keberadaan grafik (Chart) dalam sebuah dashboard sepertinya sudah menjadi suatu keharusan …. bisa dikatakan sebuah dashboard tanpa adanya grafik seperti sayur tanpa garam … akan terasa hambar …. kecuali untuk data2 yang memang akan lebih informatif jika ditampilkan dalam bentuk angka atau tabel ….. pemilihan tipe grafik menjadi salah satu poin yang perlu mendapat perhatian yang lebih … penggunaan tipe grafik yang tepat akan menjadikan dashboard lebih informatif … selain itu grafik juga dapat mempercantik tampilan dashboard yang sOdara buat (more…)

COMBOBOX YANG MERDEKA DAN COMBOBOX YANG DIJAJAH June 7, 2016

Posted by norkuys in : Excel, Uncategorized , 2comments

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

sOdara sekaliYan para pembatja jang boediman … kembali sebuah judul yang sungguh menyesatkan dimana judul artikel yang absurd menyebabkan disorientasi yang kronis pada isi artikel … baEklaagh ijinkan jemari lentik saya yang pernah ikut sekolah mengetik 10 jari ini  menjelaskan maksuTnya (more…)

PROJECT VBA-NYA SEKARANG BISA DILIHAT May 30, 2016

Posted by norkuys in : Excel, Uncategorized , 10comments

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

EXCEL2016LOGOsOdara sekaliYan para pembatja jang boediman …. pada awal saya bikin blog ini saya sempet bingung mau diisi apa ???? … saya bikin akun WordPress juga iseng2 saja ndak tahu apa itu “blog” … modal nekat ngeKlik menu yang ada akhirnya blog ini lahir … topik tulisan tentang Microsoft Excel saya pilih secara tidak sengaja … sedikit curhat masa moeda saia dahoeloe kala …. dulu saya pernah ditolak mentah2 saat melamar kerjaan gegara “GAPXEL” aliYas Gagap Excel …. dari pengalaman pait tersebOt saya mulai ingin belajar Excel … Alhamdulillah tidak lama kemudian saya dapat kerjaan … kerjaannya pun agak nyrempet dengan Excel meskipun cuman bikin lembar kerja yang masih sederhana … mulai deh ketemu dengan yang namanya Problema de Excellente … sayangnya saat itu saya belum kenalan dengan internet … dan tak seorang pun bisa dijadikan tempat mengadu (baca “bertanya”) … hanya F1 aliYas Excel help yang mau membantu saya mengatasi problema tersebut. (more…)

FAQ January 26, 2015

Posted by norkuys in : Bloging , 10comments

faq

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sodara2 sekaliyan Para pembatja  jang boediman  … akhir2 ini banyak komen2 yang masuk yang berisi pertanyaan yang sebenarnya sudah ada jawabannya jika sOdara2 sekaliYan mau mencermati isi blog ngawur ini … banyaknya pertanyaan seperti itu membuat saya cukup repot kalau harus menjawabnya satu persatu secara berulang-ulang … apalagi jatah waktu ngeBlog saya semakin berkurang karena kesibukan pekerjaan 🙁  …. kebanyakan sih komen tersebut isinya tentang cara download , mintaK password VBA dan mintaK KONCI(more…)

CARA MENGAKTIFKAN MACRO VBA EXCEL January 24, 2015

Posted by norkuys in : Excel, MSO , 4comments

xllogoPara pembatja sekaliyan jang boediman  … judul tulisan kali ini bagi kebanyakan orang yang sudah terbiasa bekerja dengan Excel memang terlihat seperti hal yang sepele dan remeh temeh … cara mengaktifkan macro Excel  aja kok dibikinin Post … namun faktanya memang bagi sebagian orang yang maNGsih nyubie agak sedikit bingung manakala mencoba menggunakan file Excel yang berisi macro … bagi sOdara2 sekaliYan yang sudah mahir ecesss laaggggh 😉 (more…)

ADVANCED FILTER : EPISODE FILTER DATA TEKS April 3, 2014

Posted by norkuys in : Excel , 16comments

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Filter tabel …. pekerjaan ini sepertinya sering kita temui saat kita ingin membuat laporan2 berdasarkan tabel … untungnya untuk keperluan ini Microsoft Excel yang baEk hati sudah menyediakan beberapa tool untuk membantu kita dalam memfilter tabel berdasarkan kriteria2 yang kita inginkan … untuk keperluan filter data ini saya biasa pakE Advanced Filter dengan Macro … kenapa saya pakE cara ini 😕 😕 😕 … ya karena bisanya cuman ini … sebelumnya saya sudah pernah bikin artikel ini dan ini … beberapa pertanyaan dalam komentar yang masuk menanyakan tentang aplikasi teknik melakukan Advanced Filter dengan macro pada beberapa kasus yang ditemui … dalam artikel kali ini saya mencoba untuk masuk lebih dalam 😎 tentang penerapan Advanced Filter pada data2 yang berupa TEKS (more…)

VALIDASI DATA UNIK 3 KOLOM January 22, 2013

Posted by norkuys in : Excel, MSO , 3comments

Tulisan kalE ini berdasarkan komen yang masuk yang isinya sebagE berikOt :

Asalamualaikum Wr. Wb
Mas mohon bantuannya gimana cara menghindari data ganda atau kembar dengan menggunakan MACRO,,, sedangkan data yg di input setiap bulan maka Nama dan NO. ID akan berualang kali di input setiap bulan bagaimana menolak data kembar pada satu priode atau dalam bulan yg sama.
dengan ilustrasi seperti ini. Data yg sudah ada seperti ini, Tanggal di Cel A2 = (1/3/2012), Nama di Cel B2 = (DORAEMON), dan No. ID di Cel C2 = (1234),,,, jika (NAMA) dan (No. ID) sama tetapi (TANGGAL) berbeda dengan data yg sudah di input sebelumnya maka data yg baru bisa di input/diterima,,,, jika TANGGAL dan (NAMA) sama tetapi (No. ID) berbeda dengan data yg sudah di input sebelumnya maka data yg baru bisa di input/diterima, dan apabila TANGGAL, NAMA, NO. ID sama dengan data sebelumnya maka data baru di TOLAK untuk di input
Makasih banyak sebelumnya atas bantuannya.

problema de Excellentenya seperti dalam komen tersebOt adalah bagEmana mencegah ada lebih dari satu baris yang isinya sama pada tiga kolomnya … jadi gabungan nilai 3 kolom pada baris yang sama tidak boleh ada yang kembar (more…)

ADA YANG "ADU DOMBA" SAYA DENGAN GOOGLE September 6, 2012

Posted by norkuys in : Excel , 19comments
poto adu kambing punya pikiran-rakyat

poto adu kambing punya pikiran-rakyat

Satu lagi judul posting yang propokatip 🙂 … harus cepet2 dikonfirmasi nih masalahnya biYar ndak ada missUniverseUnderstanding tentang maksuT dan tujuWan artikel ini … saya sendiri ndak punyaK kambing, domba, wedus ataW yang sejenisnya … ndak tahu kalO google … seharusnya sih punya … pan dia kaya

Baeklaaaghhh … bagemana critanya sampEk bisa muncul kasus “Adu Domba” ini … awalnya seperti biYasa saya dapEt komen mangsuk dari pengunjung yang budiman … komen tersebut nyangkut di posting EXCEL SEARCH ENGINE : CARI DATA PADA TABEL EXCEL EPISODE 2 KRITERIA … rupanya pengunjung yang nyasar di marih tersebut menemukan 1 hal yang kurang dari SeachEngine tersebut … seperti dalam komennya berikOt :

gimana caranya agar hasil pencarian tersebut langsung bisa di klik kaya di google tu (langsung kelihatan datanya). tanks (more…)